Pascasarjana UIN Alauddin Makassar Menggelar Kegiatan Ramah Tamah untuk Wisudawan Program Magister dan Doktor Angkatan 101

  • 28 November 2023
  • 09:39 WITA
  • Danial Rahman
  • Berita

Ramah tamah wisudawan angkatan 101 digelar pada Selasa malam (28/11/2023) yang bertempat di Ballroom Phinisi Hotel Claro Makassar. Kegiatan ini dimulai pkl. 19.00 dan terlaksana dengan baik berkat kerja keras dari panitia untuk mempersiapkan dan mengatur rangkaian kegiatan pada acara ramah tamah tersebut.

Ketua panitia (Dr. Saprin, M.Pd.I.) menyampaikan bahwa, “Ada sebanyak 85 orang calon wisudawan pada periode kali, terdiri dari 61 orang untuk Program Magister dan 24 orang untuk Program Doktor” ungkapnya. Beliau juga memberikan apresiasi kepada semua calon wisudawan atas gelar akademik yang telah diraihnya. Suasana yang penuh kebahagiaan pada malam itu ditunjukkan oleh para calon wisudawan atas keberhasilannya dalam mencapai gelar magister dan doktor.

Pada malam itu juga disampaikan calon wisudawan dengan kategori terbaik untuk program magister dan doktor melalui surat keputusan yang ditetapkan oleh Direktur Pascasarjana. Keputusan itu dibacakan oleh Dr. Hasyim Haddade, M.Ag. (Wakil Direktur Pascasarjana). Setelah keputusan dibacakan, selanjutnya dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada calon wisudawan terbaik untuk program magister dan program doktor. 

Foto bersama setelah penyerahan piagam penghargaan kepada calon wisudawan terbaik program magister dan doktor.

 

Salah seorang perwakilan alumni (Dr. H. M. Hanafi Rumatiga, M.Pd.) menyampaikan pesan dan kesannya. Beliau menyampaikan bahwa selama kuliah di UIN Alauddin Makassar, banyak hal yang membuatnya terkesan, terutama kebijakan dan pelayanan yang diberikan. “Sekalipun kuliahnya online, kami tetap mendapatkan pelayanan yang baik dari Pascasarjana UIN Alauddin Makassar. Dengan kebijakan kuliah online ini, kami tetap dapat mengikuti perkuliahan sekalipun diperhadapkan dengan berbagai kesibukan, namun kami tetap bisa melalui tahapan perkuliahan dengan baik” ungkapnya. Lebih lanjut disampaikan bahwa, “Mari kita menjaga nama baik UIN Alauddin makassar di mana saja kita berada karena kampus ini adalah kebanggaan kita bersama” pesannya kepada semua teman-teman alumninya.

Pada malam ramah tamah ini, Prof. Dr. H. Abustani Ilyas, M.Ag. (Direktur Pascasarjana) menyampaikan beberapa hal kepada alumni dan peserta yang hadir. “Kuliah online memang memberikan kemudahan bagi dosen dan mahasiswa, tetapi kita tetap memerhatikan kualitas sebagaimana kelas reguler (offline) karena ini merupakan tanggung jawab ilmiah sehingga kualitas harus tetap diperhatikan” ungkapnya. Selain itu, Prof. Abustani Ilyas juga menyampaikan harapannya kepada semua alumni Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, “Alumni Pascasarjana diharapkan memiliki kemampuan untuk dapat melihat suatu fenomena secara holistik, secara menyeluruh, tidak hanya melihat yang tampak, tetapi juga mampu menangkap makna dari yang tampak. Alumni pasca juga harus mampu bersikap objektif dalam menyikapi perkembangan agar tidak salah dalam memberikan penjelasan dan makna terhadap suatu fenomena”, tuturnya.

Kegiatan ramah tamah ini digelar untuk mempererat tali silaturahmi dan hubungan kekeluargaan. Melalui agenda ini juga merupakan bentuk apresiasi yang diberikan kepada aulumni yang telah menyelesaikan studinya di Pascasarjana UIN Alauddin Makassar. Kegiatan ramah tamah yang menjadi acara pelepasan ini juga dapat memberikan kesan kepada keluarga wisudawan yang hadir.

Penulis: Danial Rahman